Sendi Pusat Gerak Tulang

Sendi Pusat Gerak Tulang – Sendi merupakan hubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan.Badan kesehatan dunia WHO sejak enam tahun lalu memperkirakan bahwa beberapa ratus juta orang telah menderita penyakit sendi dan tulang (rematik) dan angka tersebut diperkirakan akan meningkat tajam pada tahun 2020. Menurut WHO penyakit rematik terbanyak ditemukan dalam praktik sehari-hari dan memberikan dampak disabilitas yang tinggi.

Sendi Pusat Gerak Tulang

Sendi Pusat Gerak Tulang

Sendi Manusia

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai penyakit nyeri sendi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang persendian dalam tubuh kita. Sendi pusat gerak tulang, hal ini adalah karena hubungan dari antar tulang yang terjadi pada rangka tubuh disebut dengan persendian. Dan berdasarkan perbedaan dari kemampuan geraknya pada persendian baisnay terbagi ke dalam sendi gerak, sendi kaku dan juga sendi mati. Sendi pusat gerak tulang merupakan hubungan antara tulang dengan suatu gerakan yang dilakukan lebih banyak.

Untuk sendi pusat gerak tulang antara yang satu dengan yang lainnya kemudian diikat dengan jaringan pengikat atau juga ligamen. Dan gerakan dari antara tulang ini kemudian akan menimbulkan suatu gesekan serta rasa sakit jika pada bagian rongga antar tulang tidak ada pelumas atau minyak sendi. Dan berdasarkan dari jenis gerakannya ini sendi gerak dikenal dengan berbagai jenis dari sendi, beberapa diantaranya adalah sendi peluru, sendi putar, sendi pelana, sendi gulung, dan juga sendi engsel. Sendi peluru adalah persendian yang bisa membuat gerakan pada seluruh arah. Dan sendi ini biasanya berporos tiga. Kemudian sendi peluru ada pada hubungan antara tulang lengan atas dan juga pada tulang belikat. Sedangkan pada sendi peluru ujung tulang yang satu dengan yang lain kemudian akan membentuk suatu lekukan dalam bentuk lingkaran sehingga menimbulkan bonggol tulang yang satu yang kemudian bisa masuk pada lekukan tulang yang lainnya. Selain itu, hubungan antar tulang pada panggul dan juga tulang paha yang merupakan salah satu sendi peluru.

Hubungan dari antar tulang dimana ujung dari tulang yang satu dalam bentuk tonjolan yang kemudian masuk ke dalam lubang tulang yang lain yang disebut dengan istilah sendi putar. Sendi putar ini bisa memungkinkan dari terjadinya suatu gerakan seperti gerakan memutar. Sendi putar yang ada pada hubungan antar tulang hasta dan juga pada tulang pengumpil juga ada hubungan antara tulang pemutar dan juga tulang atlas.

Kemudian hubungan antara tulang yang bisa memungkinkan terjadinya suatu gerakan dua arah adalah sendi pelana. Sendi pelana terdapat suatu hubungan dengan antara tulang ibu jari dengan tulang telapak tangan. Dan hubungan antara tulang telapak tangan dengan tulang pengumpil ini merupakan salah satu sendi gulung. Selain itu, hubungan antara ujung tulang yang bisa menghasilkan suatu gerakan misalnya adalah seperti engsel pada bagian pintu disebut sebagai sendi engsel. Hubungan dari antara tulang paha dan juga pada tulang kering dibagian lutut, atau juga antara tulang lengan dan tulang hasta dibagian sikut serta ke bagian ruas ibu jari yang merupakan sendi engsel.

Sendi kaku adalah salah satu jenis persendian yang bisa memungkinkan terjadinya suatu gerakan yang sedikit. Sendi kaki bisa terjadi pada hubungan antar tulang dibagian pergelangan tangan dan juga dibagian tulang pergelangan kaki. Selain itu, sendi mati adalah salah satu bentuk jenis persendian yang bissa menghubungkan tulang yang satu dengan yang lain namun tanpa bisa digerakkan sama sekali. Dan untuk persendian jenis ini ada suatu hubungan dengan antara tulang dibagian tengkorak.

Penyakit Nyeri Sendi

Dan di Indonesia sendiri, WHO mencatat penderita gangguan sendi mencapai 81% dari total populasi.

Di Asia penyakit rematik ini mulai sering ditemui pada usia muda. Banyak ditemui wanita mengalami penyakit ini pada umur 30 tahun dan menjadi beban keluarganya.
Penyebab rematik sangat bervariasi tapi umumnya karena masalah otoimun (autoimune), dimana sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian. Akibatnya tulang rawan disekitar sendi menipis. Sebagai gantinya terbentuklah tulang baru. Ketika tubuh bregerak, tulang-tulang dipersendian bersinggungan, inilah yang memicu rasa sakit dan nyeri yang hebat.

Rematik juga dipicu oleh faktor pertambahan usia. Pada mereka yang sudah berusia lanjut, lapisan pelindung persendian yang berfungsi mengalami terjadinya gesekan antar tulang mulai menipis dan cairan tulang mulai mengental, menyebabkan tubuh menjadi kaku dan sakit saat digerakkan. Bagi mereka yang melakukan pola hidup sehari-hari tak sehat, akan beresiko mengidap rematik cukup besar.

Nyeri sendi merupakan salah satu gangguan pada sendi yang ditandai akibat oleh peradangan, cidera, patah tulang, proses penuaan, gangguan pada suplai pembuluh darah serta hal lainnya. Radang sendi yang terjadi pada anggota gerak  bawah biasanya bisa diakibatkan karena terjadinya suatu kerusakan pada struktur jaringan sendi yang terjadi itu sendiri yakni tulang pada rawan sendi, sinovial atau pembungkus sendi, meniskus atau pada bantalan sendi, ligament dibagian jaringan pengikat sendi, dan juga dibagian tendon atau bagian otot yang bisa menempel pada tulang. Bahkan juga untuk nyeri sendi yang dirasakan bisa merupakan salah satu bentuk dari nyeri rujukan yang terjadi didaerah yang lain.

Itulah informasi mengenai sendi pusat gerak tulang dan juga nyeri sendi. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Sendi Pusat Gerak Tulang


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Nyeri Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Nyeri Sendi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *