Penyakit Nyeri Sendi

Penyakit nyeri sendi merupakan penyakit yang biasanya mengganggu otot sendi. Penyakit nyeri sendi ini merupakan suatu gejala yang bersifat tunggal dan dapat mengganggu kinerja bagian tubuh lainnya. Gejala dari penyakit nyeri sendiri ini dapat dilihat dari berbagai segi seperti merasa tidak nyaman ketika dipegang, bengkak, peradangan, kaki dan pembatasan gerakan.  Hal yang biasanya menyebabkan nyeri sendi ini adalah penyakit rematik.  Namun penyakit nyeri sendi tidak selalu menandakan penyakit reumatik, karena selain  nyeri sendi, reumatik juga dapat mempengaruhi otot dan tendon (tempat melekatnya otot), yang mungkin tidak bengkak tetapi tetap sakit. Pada umumnya ada banyak jenis reumatik, namun yang paling umum yaitu osteoarthritis, reumathiod arthritis dan gout arthritis (pirai).

Penyakit nyeri sendi akibat asam urat tidak ada memar sedangkan nyeri akibat terbentur biasanya ada memar dan ada riwayat terbentur. Pada patah tulang nyerinya sangat hebat, tulang sangat sakit kalau digerakkan, bentuk tulang menjadi tidak lurus dan didahului oleh trauma pada tulang sedangkan nyeri akibat penyakit asam urat biasanya lokasinya di sendi, meradang dan kambuh-kambuhan.  Pada saat terjadi peradangan hebat maka sendi akan tampak merah, bengkak dan nyeri,  tetapi jika meradangnya berkurang maka gejala-gejala diatas akan berkurang.  Akibat peradangan maka pembuluh darah ditempat itu melebar dan aliran darah ditempat itu meningkat sehingga menimbulkan warna merah. Peradangan pada sendi akibat penyakit ini menyebabkan pembengkakan sendi.

Banyak jenis dan cara pengoabatan dari penyakit nyeri sendi arthritis, tergantung dari beratnya keluhan dan penyakit penyebabnya, serta sendi yang terkena arthritis. Pengobatannya tergantung pada umur, pekerjaan dan kegiatan sehari-hari penderita. Prinsip pengobatannya adalah menghilangkan dan mengobati pennyakit yang mencegah komplikasi perubahan bentuk sendi.  menyebabkan timbulnya keluhan arthritis. Karena penyakit yang mendahului yang menimbulkan keluhan arthritis sering tidak bisa diobati sehingga pengobatan bertujuan untuk mengurangu keluhan sakit dan mencegah komplikasi perubahan bentuk sendi.

Dasar pengobatan penyakit nyeri sendi adalah memberikan obat sederhan agar penderita mampu bergerak mengerjakan kegiatan sehari-hari dan bisa beristirahat lebih baik. Obat yang lazim diberikan kepada penderita arthritis adalah :

  • Parasetamol (acetaminophen)
  • Aspirin
  • Obat antiperadangan yang bukan golongan steroid (NSAID=nonsteroid antiinflamasi drug)
  • Kortikosteroid
  • Obat untuk menekan reaksi kekebalan (imunosuppresif).

Fisio terapi untuk otot-otot dan rehabilitasi persendian perlu untuk penderita  penyakit nyeri sendi yang berat. Sebagai penderita arthritis sembuh sempurna dengan pengobatan tetapi lebih banyak yang menjadi sakit sendi yang menahun.  Penyakit nyeri sendi ini dapat membuat orang menjadi lemah, tetapi berolahraga secara teratur dapat membantu membentuk massa otot. Meskipun tidak disarankan untuk melakukan gerakan olharaga pada sendi yang panas dan meradang, cobalah menggerakan tangan ke semua rentang gerakan paling tidak sehaki sehari demi menjaga kemampuan gerak. Kompres hangay dapat meredakan nyeri dan mengurangi kejang otot.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Nyeri Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Nyeri Sendi and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>