Pencegahan Nyeri Sendi

Pencegahan Nyeri Sendi – Mayoritas orang pernah mengalami nyeri sendi, penderita umumnya beranggapan bahwa nyeri sendi disebabkan oleh asam urat, rematik atau pun osteoporosis. Padahal tidak semua seperti itu, sebab nyeri sendi bisa terjadi juga karena ada peradangan pada sendi. akibat peradangan pada sendi ini lah yang dikenal dengan osteoarthritis, atau kondisi dimana sendi mengalami peradangan yang menyebabkan penipisan dan kerusakan tulang rawan. Inflamasi atau peradangan ini umumnya di picu karena pemakaian dan beban berlebihan dalam jangka waktu yang sangat lama. sehingga faktor usia pun juga ikut pengaruh untuk menyebabkan nyeri sendi yang sering dirasakan. Menurut ahli kesehatan dan penelitian bahwa nyeri sendi atau osteroarthritis bisa terjadi pada seluruh sendi yang ada pada tubuh. tetapi pada umumnya atau kebanyakan kasus nyeri sendi terjadi di bagian persendian lutut dan pinggul, sebab peran kedua sendi tersebut cukup penting yakni untuk menopang beban tubuh.

Nyeri sendi atau osteoarthritis pada umumnya terjadi pada orang tua, karena penyakit ini juga tergolong dalam penyakit degeneratif. Namun, ada juga yang menyerang usia muda atau usia usia produktif, biasanya terjadi karena faktor lain. jika terjadi pada usia muda maka faktor yang menyebabkan nyeri sendi bisa akibat cidera pada tulang sampai menyebabkan patah tulang, yang bukan hanya patah biasa tetapi cidera parah yang sampai terkena sendi juga. pengobatan yang di lakukan ketika patah tulang parah tidak sempurna yang nantinya akan menyebabkan nyeri sendi juga. meskipun nyeri sendi atau osteoarthritis bukanlah penyakit yang mematikan tetapi penyakit ini perlu di cegah, sebab gangguan fungsional atau gerak tubuh yang dampaknya akan mengganggu aktivitas sehari hari.

Sebab itu agar nyeri sendi dapat terhindar, maka seseorang harus mampu mengatur aktivitas fisik dan juga pola hidup. Pencegahan nyeri sendi dengan menghindari kegemukan dan jangan memberikan beban lebih pada bagian penopang seperti pada lutut dan juga pada pinggul. Seperti menghindari atau mengurangi aktivitas berlebihan, seperti loncat, lari, dan naik turun tangga berlebihan yang juga akan menambah beban bagi lutut dan juga pinggul ketika melakukan aktivitas seperti itu. dengan mengatur aktivitas seperti itu maka beban untuk penopang tidak terlalu berlebihan, sehingga akan lebih sehat dan menurunkan potensi terjadinya cedera pada tulang atau pun pada sendi yang menyebabkan nyeri sendi.

nyeri sendi

nyeri sendi

Lalu bagi seseorang yang usianya sudah tidak lagi muda atau sekitar usia diatas 50 tahun, harus lebih selektif lagi dalam memilih olahraga. Untuk orang tua memang membutuhkan olahraga tetapi jenis olahraga yang di lakukan berbeda dengan orang usia muda, sebab orang tua tidak dianjurkan lagi melakukan olahraga berat dan terlalu aktif seperti halnya tenis, badminton, terlebih bola yang membutuhkan banyak gerak aktif karena membutuhkan ekstrak tenaga untuk lari mengejar bola juga. dan apabila ada gejala yang membuat kaku sendi, pada saat bangun tidur bahkan ada pembengkakan pada sendi sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis atau dokter ortopedi, bedah tulang, atau dokter rehabilitas medis. Sehingga saran pengobatan akan dianjurkan agar nyeri sendi tidak semakin parah. pengobatan seperti fisioterapi, latihan untuk memperkuat sendi, atau yang sudah parah bisa di berikan injeksi atau suntikan pelumas pada sendi. dan untuk mengurangi sakit sendi tidak di anjurkan untuk mengurut sendi sebab hanya akan memperburuk nyeri sendi.

Pencegahan Nyeri Sendi

Langkah langkah pencegahan nyeri sendi yang lebih lengkap bisa di lakukan agar tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan sendi yang semakin parah. seperti di bawah ini beberapa pencegahan nyeri sendi yang bisa di lakukan :

nyeri sendi

nyeri sendi

  • Menjaga berat badan, pencegahan nyeri sendi yang tepat di lakukan salah satunya yaitu dengan menjaga berat badan. Berat badan yang berlebihan akan menambah beban penopang untuk lutut dan juga pada bagian pinggul oleh sebab itu pencegahan nyeri sendi dengan melakukan upaya diet sehat untuk menjaga berat badan dan juga mengontrol asupan makanan yang bisa menambah lemak di dalam sendi.
  • Mengontrol aktivitas, pencegahan nyeri sendi yang baik untuk di lakukan juga baik pada orang tua maupun pada usia produktif yaitu dengan mengontrol aktivitas yang di lakukan sehari hari. Pada orang tua sebaiknya mengurangi gerakan atau aktivitas gerak aktif yang membahayakan kesehatan berlebihan. Sebab fungsi sendi dan tulang tidak seperti muda lagi yang bisa cedera dengan mudah dan akan sulit untuk pulih karena usia yang semakin tua.
  • Hindari angkat beban berat, selain mengontrol aktivitas yang di lakukan sehari hari, pencegahan nyeri sendi yang bisa di lakukan juga yaitu dengan menghindari angkat beban berat. hindari angkat beban berat secara berlebihan agar tidak membuat cedera sendi maupun tulang. Sehingga nyeri sendi akibat dari cedera dan beban berat yang sering dilakukan tidak akan terjadi.
  • Makan makanan yang sehat, untuk memiliki sendi yang sehat dan juga menghindari penyakit osteroarthritis yaitu dengan makan makanan yang sehat. Sebab makanan yang sehat akan memberikan nutrisi bagi sendi maupun tulang juga.

Pencegahan Nyeri Sendi

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Nyeri Sendi dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Nyeri Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Nyeri Sendi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.