Osteoartritis Lutut

Osteoartritis Lutut – Gangguan pada sendi atau osteoartritis lutut sangat sering terjadi dan menjadi masalah. Wanita sering sekali mengeluh nyeri pada lutunya bahkan bila terus dibiarkan akan menjadi lutut yang bengkok. Hal tersebut terjadi secara bergantian dari lutut yang satu ke lutut sebelahnya. Pada penderita dengan riwayat trauma sekitar lutut juga mendapat resiko mengalami osteoartritis pada lutut tersebut.

Osteoartritis Lutut

Osteoartritis Lutut

Osteoartritis Lutut

Osteoartritis Lutut merupakan penyakit persendian yang tersering. Kerusakan tulang rawan sendi dikenal dengan Osteoartritis. Osteoartritis  lutut sering terjadi pada lutut-lutut yang pernah mengalami trauma, infeksi atau cedera lain. Tulang rawan bersifat licin dan lembut merupakan jaringan lunak yang berfungsi melapisi kedua ujung tulang yang membentuk persendian. Osteoartritis terjadi bila tulang rawan ini terganggu, rusak atau hilang. Dengan hilangnya tulang rawan maka ruang sendi akan menyempit.

Dalam perkembangan osteoartritis tulang rawan menjadi tipis  dan menjadi terpecah-pecah dan terlepas dari tempatnya. Tulang-tulang disekitarnya akan bereaksi menjadi lebih tebal dan bertumbuh tulang baru yang sering masyarakat kenal dengan pengapuran (spurs), selaput pembungkus sendi (synovium) meradang dan menebal. Hal ini menyebabkan cairan sendi bertambah sehingga timbul pembengkakan.

Keluhan penderita tersering adalah nyeri dan kemudian keluhan deformitas atau kelainan bentuk. Dengan demikian maka inti pengobatan pada osteoartritis ini adalah mengatasi nyeri dan deformitas. Besarnya gangguan sendi ini tergantung pada toleransi penderita dan derajat kerusakan sendi.

Nyeri sendi pada lutut atau osteoarthritis lutut baisanya terjadi akibat dari kondrosit atau sel pembentuk dari proteoglikan dan kolagen yang ada pada rawan sendi mengalami kegagalan untuk bisa memelihara keseimbangan pada degradasi dan juga sintesis matriks ekstraseluler, sehingga akan terjadi suatu perubahan pada diameter dan juga orientasi serat kolagen yang kemudian akan mengubah biomekanik yang dimulai dari tulang rawan yang bisa menjadikan tulang rawan sendi mengalami kehilangan pada sifat kompresibilitasnya yang khas dan unik.

Dampak buruk yang diakibatkan dari nyeri sendi lutut akibat osetoarthritis maka harus dilakukan upaya dalam mencegah terjadinya masalah ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menjelaskan faktor-faktor dari resiko terjadinya nyeri sendi lutut. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, faktor penyebab dari osteoarthritis lutut sisebabkan karena :

  1. Usia lanjut 45 tahun ke atas
  2. Jenis kelamin perempuan biasanya lebih sering terkena
  3. Ras atau etnik
  4. Faktor genetik atau keturunan
  5. Kebiasan merokok
  6. Mengonsumsi vitamin D terlalu sering dan berlebihan
  7. Obesitas atau kelebihan berat badan
  8. Memgalami penyakit osteoporosis
  9. Penyakit diabetes melitus
  10. Penyakit hipertensi
  11. Hiperurisemia
  12. Histerektomi
  13. Menisektomi
  14. Riwayat yang terjadi pada trauma lutut
  15. Kelainan secara anatomis
  16. Kebiasaan saat bekerja dengan mengangkat beban yang terlalu berat
  17. Melakukan aktivitas fisik yang berlebihan dan berat.
  18. Melakukan olahraga secara berlebihan.

Penyebab Osteoarthritis Lutut

Terjadinya penyakit nyeri sendi pada lutut biasanya tidak lepas dari banyaknya pesendian yang ada di dalam tubuh kita. Dan sekitar 230 sendi biasanya akan menghubungkan pada 206 tulang yang bisa memungkinkan untuk terjadinya suatu gesekan. Dalam membantu melindungi tulang dari terjadinya gesekan didalam tubuh atau juga pada tulang rawan. Namun akibat dari berbagai faktor resiko yang terjadi, maka erosi pada tulang rawan ini akan mengalami pengurangan akibat cairan pada sendi. Tulang rawan sendi mempunyai fungsi dalam membantu meredam getar yang terjadi pada antar tulang. Dan tulang rawan sendiri biasanya terjadi dari jaringan lunak kolagen yang mempunyai fungsi untuk membantu membuat sendi lebih kuat, proteoglikan yang bisa membuat jaringan tadi menjadi lebih elastis dan air atau 70 persen bagian yang akan menjadi bantalan, pelumas serta untuk pemberi nutrisi.

Kondrosit merupakan salah satu sel yang mempunyai peran dalam membentuk proteoglikan dan juga kolagen di dalam rawan sendi. Nyeri sendi lutut atau osetoarthrisi biasanya terjadi akibat kegagalan menisintesis matriks yang berkualitas pada kondrosit dan juga memelihara keseimbangan yang terjadi antara degradasi dan juga sintesis matriks ekstraseluler dan termasuk beberapa diantaranya adalah produksi dari kolagen untuk tipe I, III, IV, dan X dengan cara yang berlebihan serta sintesis pada proteoglikan yang terjadi dengan pendek. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada diameter dan juga orientasi pada serat kolagen yang kemudian mengubah biomekanik dari tulang rawan, sehingga kemudian tulang rawan sendi ini mengalami sifat kompresibilitasnya yang unik dan hilang.

Selain akibat kondrosit, sinoviosit juga mempunyai peran dalam patogenesis OA yang paling utama terjadi setelah mengalami sinovitis yang pada akhirnya menyebabkan nyeri serta perasaan menjadi tidak nyaman. Sinoviosit ini yang mengalami epradangan akan menghasilkan Matrix Metalloproteinases (MMPs) dan juga pada berbagai stokin yng kemudian akan dilepaskan ke dalam rongga sendi dan membuat matriks rawan sendi mengalami kerusakan serta membuat kondrosit menjadi aktif. Kemudian pada akhirnya tulang bagian subkondral akan berperan, dimana oetoblas ini akan mengalami rangsangan dan kemudian menghasilkan enzim proteolitik.

Atas dasar itu maka dibuat beberapa tahapan terapi yang diputuskan bersama-sama antara dokter dan pasien. Beberapa alternatif terapi yang saat ini dikenal secara umum dibagi dalam lima kelompok. Modifikasi hidup sehat, seperti pendidikan pasien, aktivitas, pengurangan berat badan, olahraga, memakai brace.

Pengobatan osteoarthritis lutut termasuk anti-nyeri, glukosamin, dan kondroitin sulfat. Suntikan intra artilkular seperti suntikan kortikosteroid, asam hyaluronat. Pembedahan seperti arthroscopy, osteotomy, total knee replacement.

Osteoartritis Lutut

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Nyeri Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Nyeri Sendi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *