Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut

Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut – Gaya hidup diketahui berperan terhadap terjadinya osteoarthritis. Berat badan berlebih atau obesitas mengakibatkan tekanan pada lutut besar, mengakibatkan kerusakan rawan sendi lutut. Menurunkan berat badan merupakan anjuran yang perlu diperhatikan bagi penderita pengapuran lutut.

Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut

Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut

Nyeri Sendi Pada Lutut

Nyeri sendi pada lutut tidak perlu ditakuti, namun Anda harus tetap berhati-hati karena biasanya tidak berbahaya dan bisa dengan mudah diatasi. Anda harus tahu kapan waktu melakukan konsultasi dengan dokter mengenai keluhan nyeri sendi pada lutut, atau jika memang dirasa nyeri sendi berlangsung dalam waktu yang lebih lama, adanya suatu hambatan pada gerakan, pembengkakan yang terjadi pada sekitar sendi dan juga munculnya nyeri –nyeri yang disebabkan karena posisi atau suatu gerakan tertentu saat sedang melakukan aktivitas.

Lutut sendiri terdiri dari tulang, kapsul, rawang sendi, meniscus, ligament, otot serta syaraf. Dan semua bagian ini baisanya bekerja untuk bisa menghasilkan suatu gerakan pada lutut untuk melakukan aktivitas dengan sempurna. Jika kita perhatikan dengan baik, nyeri sendi pada lutut bukan hanya terjadi pada usia lanjut, namun bisa juga terjadi pada semua usia. Untuk anak-anak biasanya nyeri sendi pada lutut terjadi karena pertumbuhan pada lutut yang tidak sempurna, oleh sebab itulah sebagai orang tua perlunya penanganan secara dini agar pada saat masa tumbuh mereka selesai dan mereka mulai memasuki usia dewasa muda ketidaksempurnaan yang terjadi pada lutut mereka ini sudah bisa teratasi dengan baik. Kelainan yang harus mendapatkan perhatian adalah Chondromalacia yakni adalah kurang kerasnya dibagian rawan sendi, discoid meniscus, atau juga bentuk dari meniscus yang tidak terbentuk secara sempurna. Osgood Schlatter’s disease merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat dari ligament patella yang terangkat dari tulan, penyakit rematik yang terjadi pada anak, bentuk lutut kaki huruf O atau huruf X, dan munculnya masalah penyakit tumor jinak. Ada juga penyakit yang harus mendapatkan perhatian khusus misalnya adalah penyakit tbc sendi atau juga Osteomyelitis akibat terjadinya infeksi pada tulang. Namn kasus yang paling serius adalah terjadinya tumor ganas yang menyerang anak yang harus mendapatkan penanganan sedini mungkin karena jika diremehkan akan berakibat fatal.

Untuk orang yang dewasa, nyeri atau radang sendi pada lutut biasanya terjadi akibat trauma saat terjatuh, keseleo, cidera saat melakukan olahraga baik yang disadari atau juga tidak. Adanya suatu tanggapan jika cidera ini bersifat ringan maka biasanya hanya cukup dengan diurut saja atau bisa juga dengan diobati secara menggunakan obat nyeri sendi tradisional. Namun, jika tidak melakukan cara mengatasi nyeri sendi pada lutut maka akan menimbulkan suatu gangguan penyakit lutut yang terjadi secara kompleks. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya cacat permanen yang akan mejadi lebih sulit lagi untuk dikoreksi dengan suatu tindakan pembedahan yang canggih sekalipun misalnya adalah akibat patah tulang yang terjadi di dalam sendi, namun hal ini kadang tidak disadari oleh si penderita dan umumnya dianggap hanya sebagai keseleo biasa saja. Oleh sebab itulah, penanganan cara mengatasi nyeri sendi pada lutut harus dilakukan dengan baik.

Selain itu sebaiknya berolahraga unutk memperkuat otot di sekitar lutut, salah satunya latihan otot quardriceps. Otot ini berada di  bagian depan paha dan menjadi lebih lemah pada penderita osteoarthritis lutut. Telah dibuktikan bahwa latihan otot ini tidak hanya meningkatkan ksehatan tubuh, melainkan juga dapat mengurangi rasa nyeri.

Cara Mengobati Nyeri Sendi

Latihan otot quarisep untuk mengatasi nyeri sendi lutut

Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan untu Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut. Paling umum adalah dilakukan dalam posisis duduk di atas kursi.

  1. Starihgt-leg raise : dalam posisi duduk tegak. Agkat dan tegangkan kaki, tahan hingga hitungan 10, kemudian turunkan perlahan. Ulangi gerajan tersebut hingga setidaknya 10 kali untuk setiap kaki.
  2. Straight-leg raise : dalam posisi berbaring, satu lutut di teluk, sednagkan lutut yang lain kurus. Angkat kaki yang lurus, pertahankan sekitara 5 detik, kemudian turunkan. Lakukan latihan yang sama untuk kaki sisi yang lain, setidaknya dalam satu minggu dua kali.
  3. Latihan kekuatan otot. Setidaknya satu minggu sekali, saat berbaring dapat melakukan latihan otot. Pertama letakkan handuk digulung dibawah tumit kaki yang tidak dilatih. Pada kaki yang diluruskan, gunakan otot kaki untuk menekan lutut ke bawah , ke arah lantai. Tahan dalam 5 hitungan, selanjutkan lemaskan kembali, terus ulangi latihan tersebut.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut:

  1. Pastikan anda tidak menekuk lutut dalam waktu lama. Misalnya tidak meletakkan bantal dibawah lutut saat tidur malam hari. Cobalah untuk meluruskan lutut meskipun terasa agak nyeri.
  2. Gunakan sepatu-terutama sepatu olahraga yang sesuai untuk kaki dan terasa nyaman, sehingga dapat berperan sebagai perendam getaran terhadap lutut.
  3. Jangan diam terlalu lama, tetap gerakan lutut, namun jika nyeri segera istirahat. Saat nyeri berkurang, aktivitas dapat dilanjutkan.
  4. Gunakan tongkat untuk menopang berat badan tubuh jika memang diperlukan.
  5. Gunakan pegangan tangan saat naik tangga. Naik tangga satu persatu, kaki sehat terlebih dahulu. Saat turun, dahulukan kaki yang nyeri, diikuti oleh kaki sehat. Tetap berpegangan pada penopang.

Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Nyeri Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Nyeri Sendi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>